Tips Memilih Bantal Guling yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak

seorang gadis sedang tidur menggunakan bantal Simply Bed

Apakah kamu tipe orang yang tidak bisa tidur tanpa bantal guling? Ya, itu wajar karena kamu adalah orang Indonesia. Bantal dan guling merupakan dua hal yang sulit dipisahkan sebagai pelengkap ketika tidur. Bahkan, sering ditemukan set yang berukuran kecil sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana-mana. Kombinasi keduanya dijamin akan membuatmu tidurmu jadi kian nyenyak.

Namun, dalam memilih bantal guling nyatanya tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan, lho. Untuk itu, bagi kamu yang saat ini sedang mencari bantal guling sebagai teman
tidur, simak ulasan di bawah dari awal sampai akhir.


Bagaimana bantal guling populer di Indonesia

Bantal guling disebut hanya terdapat di Indonesia. Bahkan dilansir dari sebuah laman website voi.id menyebutkan jika Presiden Soekarno sangat membanggakan guling dengan menyebutnya sebagai identitas bangsa. Nah, kira-kira apa yang membuatnya menarik dan bagaimana ini begitu populer? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Guling mulai populer jauh sebelum kemerdekaan. Ada yang menyebutkan bantal guling sudah ditemukan di Indonesia sejak abad ke-7 Masehi. Ketika itu masyarakat menggunakannya sebagai alas duduk. Selain itu, bantal guling dibuat berukuran besar dan terbuat dari bahan mahal seperti kulit binatang atau sutera.

Meski begitu, ada sumber lain menyebutkan jika benda empuk ini pertama kali dibawa oleh para pedagang Cina dan Arab di awal abad ke-7. Lainnya menyebutkan jika bantal guling ditemukan pada abad ke 14 di zaman kerajaan Majapahit.

Namun tak hanya itu, ada yang menyebutkan pula jika awalnya guling dibuat oleh bangsa Belanda ketika masa penjajahan. Fungsi guling yakni dipeluk untuk menggantikan istri yang jauh di negara asal. Ketika itu namanya bukan guling, melainkan dutch wife. Nama ini diberikan oleh Thomas Stamford Raffles yang merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Meskipun memiliki sejarah yang masih diperdebatkan, nyatanya guling sudah menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang tak akan terlepas dari kehidupannya sehari-hari. Hal ini terbukti di abad ke-16, di mana bantal guling sering dijadikan sebagai simbol status sosial. Orang kaya di Jawa Tengah kerap menggunakannya sebagai simbol keanggunan dan kekayaan serta sering menggunakannya sebagai hadiah sebagai tanda penghormatan.

Lantas, di abad ke-19 bantal guling menjadi produk ekspor dengan tujuan negara-negara di Eropa. Desainnya pun berubah, yang awalnya bulat besar menjadi bulat kecil silinder sehingga memudahkan untuk dibawa ke manapun.


Ukuran dan penggunaan bantal guling yang ideal

Ada beberapa ukuran bantal dan guling yang beredar di pasaran. Jika kamu saat ini sedang mencari bantal ataupun guling, kamu perlu mengetahuinya. Kenapa? Karena memilih ukuran yang tepat akan membuat tidurmu kian nyaman. Berikut beberapa ukurannya:- Bantal standar ukuran 45x60
- Bantal tidur queen ukuran 51x76
- Bantal tidur king ukuran 51x91
- Bantal tidur cinta ukuran 51x100
- Guling standar ukuran 35x90
- Guling bayi ukuran 11x45
- Guling batita ukuran 14x63


Di atas merupakan ukuran standar untuk bantal dan guling. Biasanya di pasaran akan ada perbedaan beberapa centimeter, jadi disarankan untuk mengecek deskripsi produk sebelum memutuskan membelinya.


Tips Memilih Bantal Guling yang Bikin Tidur Nyenyak

1. Sesuaikan bantal pilihan dengan posisi tidur Anda

Setiap orang memiliki posisi tidur favorit. Ada yang suka terlentang, ada yang miring atau bahkan tengkurap. Nah, beda kebiasaan tidur nyatanya beda juga, lho, jenis bantal yang digunakan.

Pertama, jika kamu memiliki kebiasaan tidur terlentang, disarankan menggunakan bantal yang tipis serta tidak terlalu keras. Tujuannya menghindari tekanan pada tulang punggung. Bantal ini juga disebut mampu mencegah punggung jadi bungkuk.

Kedua, jika kamu memiliki kebiasaan tidur mendengkur, disarankan menggunakan bantal dengan cekungan di bagian tengah yang fungsinya menjaga kepala bagian atas sedikit miring untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

Ketiga, bagi kamu yang tidur tengkurap disarankan menggunakan bantal guling berbahan lateks karena jenis bantal ini mampu menopang kepala dengan baik sehingga jalur
pernapasan tak akan terganggu.

Keempat, jika kamu tidur miring, maka direkomendasikan bantal duling yang bantal yang tebal sehingga kepala dan tulang punggung bisa sejajar.


2. Pilih bantal berdasarkan isinya

Ketika memilih bantal ataupun guling, pastikan kamu sudah tahu apa isinya. Memilih bantal yang salah bisa membuat tidurmu tak nyaman. Misalnya ketika kamu memiliki alergi debu atau alergi kapuk, maka pilihlah bantal dengan isian selain kapuk. Bisa bulu angsa, dakron, dan sebagainya.


Jenis-Jenis Bantal dan Guling

Ada beragam jenis bantal dan guling yang dibedakan berdasarkan dari bahannya. Berikut beberapa di antaranya:


1. Kapuk

Dulu jenis ini sangat sering digunakan karena harganya yang cenderung murah. Sayangnya, bantal kapuk cukup mudah lembab sehingga harus rajin dijemur jika ingin tetap empuk dan padat.


2. Busa

Isian busa memiliki cukup banyak kelebihan, seperti mudah dibersihkan, ringan, serta mampu mengikuti bentuk leher. Namun, jika digunakan terlalu lama, bantal ini akan terasa panas sehingga kurang begitu nyaman untuk tidur.


3. Memory Foam

Bantal yang berisi busa polyurethane ini begitu populer belakangan. Bantal dengan tekstur yang empuk dan mampu berubah kembali ke bentuk asal ini sangat cocok digunakan untuk posisi tidur terlentang ataupun miring.


4. Dakron

Bagi kamu yang memiliki gangguan pernapasan, bantal dengan isian dakron direkomendasikan. Dakron sendiri berasal dari plastik yang tidak menyerap debu dan tahan air. Menariknya lagi, meskipun sudah digunakan, dakron akan tetap kembali ke bentuk semula.


5. Lateks

Jika kamu tipe yang menggunakan bantal dan guling dalam waktu yang lama, pilihlah lateks.
Bantal dengan isian lateks akan terasa tetap dingin meskipun digunakan dalam waktu yang
lama. Selain itu, bahan lateks juga dikenal memiliki ketahanan tinggi terhadap kutu, jamur,
dan tungau.


Rekomendasi Bantal Guling Simply Bed

Sudah jelas, bukan, bagaimana cara memilih bantal guling. Nah, di antara begitu banyakmerek di pasaran, kami rekomendasikan bantal guling dari Simply Bed. Terbuat dari isian premium, dijamin batal dan guling ini akan menjadikan tidurmu lebih berkualitas. Simply juga menyediakan beberapa pilihan bantal dan guling yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Nah, apapun pilihanmu, bantal guling dari Simply ini anti alergi sehingga bisa digunakan untuk siapapun.

Penasaran dengan produknya? Cek bantal guling berikut ini, yuk!

Share: