Keunggulan dan Kekurangan Tempat Tidur Tingkat

gambar tempat tidur tingkat

Bagi kamu yang ingin mendesain kamar untuk dua atau tiga anak dalam satu ruangan, tempat tidur tingkat bisa jadi solusinya. Tempat tidur tingkat atau bunk bed merupakan salah satu jenis furniture yang kerap ditemui di kamar anak. Desain yang unik nyatanya membuat banyak anak-anak yang menyukainya. Selain itu, penggunaan bunk bed juga sebagai alternatif menghemat ruang kamar.

Namun, setiap ada kelebihan tentu ada kekurangan, begitu pula dengan tempat tidur tingkat. Untuk itu sebelum memutuskan menggunakan tempat tidur tingkat, ayo, simak uraian di bawah ini! 

Siapa saja yang cocok menggunakan tempat tidur tingkat

Tempat tidur tingkat bisa digunakan siapa saja, baik anak-anak ataupun dewasa. Yang perlu digarisbawahi adalah ukuran tempat tidur. Jika diperuntukkan untuk dewasa, maka kamu harus mempertimbangkan pula ruang gerak pada tempat tidur, khususnya tempat tidur di area bagian atas. Ruang gerak yang terlalu sempit berisiko tinggi membuat penggunanya jatuh karena ruang gerak yang terbatas. Apalagi untuk seseorang yang suka bergerak tanpa sadar ketika tidur. 

Selain digunakan sebagai ruang tidur anak, tempat tidur tingkat juga sering ditemui di kos-kosan atau apartemen dengan ruangan yang sempit atau terbatas. 

Bahan yang biasa digunakan untuk tempat tidur tingkat

Secara umum, ada dua jenis material untuk tempat tidur tingkat, yakni besi dan kayu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 Misal ketika kamu membutuhkan tempat tidur yang awet dan tahan lama, maka material besi adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu memilih tempat tidur tingkat untuk anak-anak, sebaiknya pilih yang terbuat dari kayu karena dinilai lebih aman. 

Terlepas dari hal di atas, ketika memilih material untuk tempat tidur tingkat, perhatikan pula kekuatannya. Pastikan bunk bed terbuat dari material yang kokoh dan memiliki pagar pengaman khususnya untuk tempat tidur bagian atas.  

Kelebihan tempat tidur tingkat

Memiliki bunk bed menjadi solusi untuk rumah sempit dengan ruangan yang terbatas. Namun, selain itu ada beberapa kelebihan lain menggunakan tempat tidur tingkat. Berikut diantaranya:

  • Lebih terjangkau

Kelebihan pertama dari tempat tidur tingkat adalah harganya yang lebih terjangkau daripada harus membeli dua tempat tidur. Selain itu, bunk bed juga mampu menampilkan kesan ruangan yang lebih luas.

  • Menghemat ruangan

Keuntungan tempat tidur tingkat adalah lebih menghemat ruang. Apalagi bagi keluarga yang memiliki beberapa anak dengan keterbatasan ruangan dalam rumah. Bunk bed juga bisa dimanfaatkan jika ada saudara atau teman yang menginap. Jadi, tak perlu repot menyiapkan tempat untuk tidur lagi karena sudah siap satu.

  • Melatih kemandirian

Ketika anak tidur di tempat tidurnya sendiri-sendiri, mereka akan lebih mandiri dan bertanggungjawab, khususnya perihal kebersihan dan kerapian tempat tidur. 

  • Menjaga privasi anak

Bunk bed memungkinkan privasi anak-anak lebih terjaga. Selain itu, bagi orangtua pun akan lebih mudah mengurus anak-anak secara terpisah ketika terjadi sesuatu, seperti mengompol atau sakit tanpa harus mengganggu yang lain.

  • Mudah dibongkar pasang

Beberapa desain bunk bed memiliki fitur bongkar pasang sehingga sewaktu-waktu bisa dibongkar dan dipisah menjadi double bed

  • Tempat tidur yang menyenangkan

Anak-anak cenderung suka bermain-main. Desain tempat tidur yang unik dengan tangga jelas membuat tantangan tersendiri bagi anak-anak. 

  • Bisa jadi tempat tidur yang multifungsi

Sekarang sudah cukup banyak desain bunk bed yang bisa kita temui di internet. Beberapa desain memperlihatkan bahwa tempat tidur ini bisa jadi tempat tidur yang multifungsi. Misalnya penambahan laci atau lemari pakaian, meja belajar, rak buku, dan sebagainya.

Kekurangan Tempat Tidur Tingkat

Semua hal yang memiliki kelebihan pasti punya kekurangan, begitu juga dengan tempat tidur tingkat. Nah, berikut beberapa kekurangannya: 

  • Tidak tepat untuk anak di bawah lima tahun

Anak-anak di bawah lima tahun umumnya memiliki kemampuan motorik yang belum cukup baik sehingga disarankan tidak menggunakan bunk bed. Tempatnya yang tinggi tentu meningkatkan risiko jatuh serta memiliki risiko cedera parah yang tinggi. Jadi, ketika kamu hendak memilih bunk bed, pastikan digunakan oleh anak di atas lima tahun. 

  • Ruang gerak terbatas

Baik bagian atas atau bawah memiliki ruang gerak yang terbatas. Karena itu jika kamu memilih bunk bed, pastikan jika ukurannya telah sesuai sehingga anak-anak memiliki ruang cukup untuk bergerak. 

Cara Merawat Tempat Tidur Tingkat

Apakah kamu bertanya bagaimana cara merawat tempat tidur tingkat? Secara umum, merawat tempat tidur tingkat sama halnya dengan merawat tempat tidur biasa. Kamu hanya perlu rutin merapikan tempat tidur setiap kali bangun tidur, rutin mengganti sprei dan sarung bantal, hindari makan di atas kasur, serta hindari melompat di atas kasur tempat tidur. 

Selain itu, jika kamu memiliki bunk bed yang terbuat dari kayu sebagai materialnya, kamu juga bisa membersihkan sela-sela ukiran, memastikan sirkulasi udara dalam kamar berjalan dengan baik, serta membersihkannya secara berkala. Melakukan perawatan dan pembersihan rutin akan memperpanjang umur tempat tidur tingkat milikmu.

Bagi kamu yang terpikirkan membeli tempat tidur tingkat untuk anak-anak, baiknya selain desain pertimbangkan merek kasur yang hendak digunakan. Pilih Simply karena kasur dari Simply terbuat dari material berkualitas agar anak-anak bisa merasa nyaman saat menggunakannya. Simply juga memiliki beberapa pilihan jenis kasur yang bisa dijadikan opsi pilihan, mulai dari kasur yang terbuat dari latex, memory foam, hingga springbed. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

Nah, tertarik dengan Simply? Ingin tahu lebih jauh? Lihat Juga: Pilihan tempat tidur dari Simplybed

Share: