Kelebihan Kasur Springbed dan Cara Merawatnya

tiga orang perempuan berada di sisi kasur springbed

Siapa sih yang tidak tahu kasur springbed? Kasur jenis ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kualitas tingkat kenyamanannya dan material yang digunakan membuat kasur springbed sangat diminati karena mampu meningkatkan kualitas tidur. Jika kamu sedang mencari atau ingin membeli kasur baru, kamu sudah berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan membahas segala hal seputar springbed

Apa Itu Kasur Springbed

Kasur springbed adalah jenis kasur yang mengabungkan dua material, yaitu pegas dengan material lainnya seperti latex, busa, memory foam, dan sebagainya. Pegas dalam springbed pun masih terbagi dalam dua jenis, yaitu bonnel spring (terbuat dari kawat kumparan yang saling terhubung) dan pocket spring (setiap pegas terbungkus dalam kantong-kantong atau tidak berkaitan). 

Saat ini, kasur springbed dengan tipe pocket spring sedang naik daun. Strukturnya yang membuat masing-masing pegas bekerja secara individual membuat permukaan kasur mampu meredam guncangan dengan baik dan memberikan kenyamanan maksimal.

Kelebihan Kasur Springbed yang Perlu Diketahui

Bukan tanpa alasan kasur springbed menjadi salah satu jenis kasur yang sangat populer. Salah satu alasannya karena kasur springbed memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan kasur springbed? Berikut penjelasannya:

  • Kokoh

Kasur springbed didesain secara kokoh untuk menopang berat tubuh dengan baik. Dukungan material pegas atau per menjadikan kasur springbed jauh lebih kokoh dibandingkan kasur busa.

  • Awet

Dibandingkan dengan jenis kasur lainnya, kasur springbed memiliki daya tahan yang lebih lama. Daya tahan kasur springbed dihasilkan oleh kombinasi material yang digunakan, seperti pegas, isian kasur, serta material pelengkap yang digunakan dipan seperti besi atau papan kayu. 

  • Mudah didapatkan

Popularitas kasur springbed membuat banyak toko menyediakan kasur jenis ini. Kamu bisa dengan mudah menemukan kasur springbed di toko atau secara online.

  • Desain elegan

Salah satu daya tarik springbed adalah desainnya yang modern dan elegan. Bahkan meskipun tanpa sprei, springbed memiliki lapisan luar dengan motif menarik yang sangat cantik.

  • Harga yang murah

Sekilas memang springbed memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, ketika melihat keunggulannya dibandingkan dengan jenis kasur lain, harga tersebut tergolong cukup terjangkau.

Cara Merawat Kasur Springbed yang Benar

Kasur springbed harus dirawat dengan baik agar bisa tetap awet. Berikut beberapa cara merawatnya:

  • Melepas plastik pembungkus

Anggapan bahwa plastik pembungkus kasur springbed membuatnya awet adalah salah. Tidak melepas plastik pembungkus justru membuat springbed cepat rusak karena kasur tidak bisa bernafas.

  • Hindari hentakan

Kunci menjaga keawetan springbed adalah menjaga pegas di dalamnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menghindari hentakan keras di atas permukaan kasur, seperti dengan meloncat-loncat di atas kasur.

  • Hindari suhu panas

Suhu panas bisa membuat lapisan springbed menipis dan menurunkan kualitas pegas. Jadi, kalau kamu sering menyetrika di atas kasur, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

  • Hindari dari tumpahan air

Tumpahan air akan membuat bagian dalam kasur springbed menjadi lembap yang bisa memicu tumbuhnya jamur. Saat kondisi lembap semacam itu dibiarkan, maka lambat laun akan menurunkan kualitas per atau pegas.

  • Bersihkan menggunakan vacuum cleaner

Salah satu masalah alas tidur adalah penumpukan debu, kotoran, serta tungau yang tak tampak. Supaya kasur springbed bebas dari tumpukan debu, kamu bisa membersihkannya secara rutin menggunakan penghisap debu.

  • Hindari duduk di pinggiran springbed

Kebiasaan ini memang nyaman, tetapi nyatanya jika dilakukan terus menerus mampu mengurangi daya tahan kasur. Sebisa mungkin kamu langsung memposisikan badan dalam keadaan berbaring ke tengah kasur agar beban yang diterima pegas rata.

  • Rotasi rutin

Seringkali kita cenderung menggunakan satu sisi kasur saja. Nah, kebiasaan ini mampu membuat satu sisi cenderung kempis. Lakukan rotasi dengan rutin untuk menghindari hal tersebut.

FAQ tentang Kasur Springbed

1.    Apakah kasur springbed bisa dicuci?

Kasur springbed bisa dicuci dengan cara menyikat perlahan permukaannya menggunakan larutan air sabun. Namun pastikan kandungan airnya sedikit ketika menyikat agar kasur tidak lembap.

2.    Apa nama dudukan kasur springbed?

Dudukan untuk kasur springbed disebut divan atau spring box. Selain sebagai penopang yang mencegah kasur bersentuhan langsung dengan lantai, divan juga bisa mempercantik tampilan kasur.

3.    Apa nama lapisan atas kasur springbed?

Ada beberapa jenis kasur springbed yang memiliki lapisan bantalan tambahan di permukannya. Lapisan ini ada dua jenis, yaitu Pillow Top atau Euro Top.

4.    Apakah plastik pembungkus kasur springbed harus dibuka?

Iya, karena plastik akan membuat springbed lembab atau sulit bernapas karena tidak adanya sirkulasi udara, menyebabkan kasur mudah berjamur dan rusak.

5.    Kenapa kasur springbed berbunyi?

Bunyi tersebut adalah suara pergerakan pegas dalam springbed.

Rekomendasi Kasur Springbed Simply Bed

Kualitas kasur yang dipakai berbanding lurus dengan kesehatan tubuh kita. Pemilihan kasur yang tepat mampu mencegah rasa nyeri di punggung, membantu memperbaiki postur tubuh, hingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu kasur springbed yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas adalah Simply Spring Bed.

Simply Springbed akan membawa kamu menikmati tidur nyenyak setiap malam karena dibuat dari material berkualitas yang menjadi jaminan kenyamanan saat kamu berbaring. Simply Spring Bed tersedia dalam beberapa ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu dan memiliki garansi ketahanan hingga 10 tahun.

Share: