Cara Mudah Mencuci Bedcover Tanpa Ke Laundry

gambar kasur Simply - bedcover

Mencuci bedcover merupakan salah satu hal yang sering dihindari, apalagi jika mencucinya sendiri. Bahan yang tebal, besar, dan bobotnya yang berat ketika terkena air membuatnya begitu sulit untuk dicuci serta dikeringkan. Selain itu, ada anggapan bahwa terlalu sering mencuci bedcover mampu membuatnya teksturnya yang tebal dan empuk jadi menipis. 

Namun, jika bedcover digunakan setiap hari, mau tak mau kamu perlu mencucinya secara teratur agar tetap bersih dan kuman tidak bersarang di permukaannya. Apalagi jika nampak jelas ada noda yang menempel. Bedcover yang kotor mampu menimbulkan bau tak sedap yang akan membuat tidurmu tak nyaman. Tak hanya itu, permukaan yang kotor akan menyebabkan berbagai penyakit kulit karena banyaknya bakteri dan kuman yang bersarang. Oleh karena itu, bedcover harus dicuci rutin paling tidak dua minggu sekali.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba ada makanan atau minuman yang tidak sengaja tumpah? Meskipun hanya percikan noda, pastikan untuk langsung membersihkannya. Membiarkan noda terlalu lama di permukaan bedcover akan membuatnya semakin sulit untuk dihilangkan. Namun, kamu tak harus mencuci bedcover secara keseluruhan. Jika dirasa masih bersih, kamu cukup membersihkan bagian yang terkena noda saja. 

Nah, karena proses pencuciannya yang terbilang tidak gampang, dan seringkali membuat kita bingung karena teksturnya yang tebal dan besar, banyak orang yang menyerahkan tanggung jawab ini kepada jasa laundry. Namun, terus-terusan menggunakan jasa laundry tentu akan membuat tagihanmu bulanan membengkak bukan? Oleh karena itu, sesekali cobalah mencuci bedcover sendiri.

Asal tahu caranya, kamu pasti bisa melakukannya sendiri bukan? Untuk itu di bawah ini kami berikan solusinya: 


Pisahkan Bedcover dengan Cucian yang Lain

Mencuci bedcover sebaiknya dipisahkan dari cucian yang lain. Kenapa? Bedcover memiliki tekstur yang tebal dan empuk. Hal ini dikarenakan bedcover menggunakan material dacron sebagai salah satu bahannya. Ketika dicampur dengan pakaian lain, bentuk bedcover bisa saja berubah karena dacron yang menjadi pengisinya bisa mengumpul di bagian tertentu saja.

Selain itu mengingat ukuran bedcover yang cukup besar, pakaian yang dicuci bersamaan bisa terlilit hingga merusak bentuk atau teksturnya.


Rendam Bedcover

Tahapan awal dalam mencuci bedcover adalah perendaman. Tujuannya agar kotoran bisa dengan mudah terangkat ketika proses pencucian. Bagaimana caranya? Seperti mencuci baju biasa, hal pertama yang perlu disiapkan adalah air rendamannya. 

Sebaiknya merendam bedcover dengan air hangat yang sudah dicampur sabun. Gunakan detergen atau sabun secukupnya. Jangan terlalu sedikit karena tidak akan bersih dan jangan terlalu banyak karena bisa merusak serat kainnya. 

Ingat, meskipun bedcover milikmu berwarna putih, hindari menambahkan pemutih karena mampu merusak serat kainnya. Jika memang terpaksa menggunakan pemutih karena warnanya yang sudah mulai berubah, gunakan bahan alami cuka atau baking soda sebagai alternatif penggantinya. Setelah itu, masukkan bedcover dalam air rendaman yang telah disiapkan dan rendam selama 30 menit. 


Kucek Noda yang Ada di Bedcover

Tidak semua noda bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Beberapa noda, apalagi yang sudah lama sangat sulit dibersihkan, misalnya noda darah, noda makanan, dan noda minuman yang telah lama. Lantas, bagaimana? Solusinya kamu harus menguceknya manual. 

Kamu juga bisa menggunakan sikat. Namun, gunakan sikat dengan bulu yang halus dan sikat dengan perlahan dan searah. Tambahkan sedikit detergen pada area yang bernoda untuk mempermudah pencucian. Perlu diingat, penggunaan sikat ini hanya sebagai alternatif jika noda tidak hilang meskipun sudah dikucek beberapa kali. Kenapa? Karena penggunaan sikat yang asal mampu merusak serat kain bedcover dan menjadikan permukannya jadi lebih kasar. 

Setelah noda hilang, bilas menggunakan air bersih dan rendamlah kembali selama beberapa menit sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Ini untuk memastikan jika noda yang membandel telah berhasil dihilangkan. 


Masukkan ke dalam Mesin Cuci

Tahapan selanjutnya adalah cuci menggunakan mesin cuci. Baiknya untuk bedcover gunakan mesin cuci dengan ukuran tabung yang besar agar kamu bisa dengan mudah memasukkan ataupun mengeluarkan bedcover. Selain itu untuk mencuci bedcover, cukup cuci dengan putaran 5 hingga 7 menit saja agar kelembutan bedcover bisa terjaga.

Tak hanya bedcover, kamu pun juga bisa mencuci bantal dacron menggunakan mesin cuci. Bantal dacron adalah salah satu jenis bantal yang bisa dicuci. Nah, bantal ini banyak dipilih karena hal tersebut sehingga dirasa lebih higienis dibandingkan dengan jenis bantal lainnya. 

Keringkan Bedcover dengan Baik

Tahapan terakhir dari mencuci bedcover adalah pengeringan. Setelah membilas bedcover hingga bersih, masukkan ke dalam mesin pengering. Lantas, barulah jemur bedcover hingga kering. Ingat, ketika menjemur hindarkan bedcover dari paparan sinar matahari langsung agar tekstur permukaannya tidak lekas kasar dan warnanya tidak gampang menguning. 

Setelah benar-benar kering, hindari untuk menyetrika bedcover. Bedcover berbeda dari baju pada umumnya. Untuk menghaluskannya hanya dibutuhkan panas matahari. Menyetrika bedcover justru merusak serat kainnya dan memunculkan tekstur kasar di permukaan. 

Di atas adalah cara mencuci bedcover sendiri. Cukup mudah untuk dipraktikkan, bukan? Bagi kamu yang belum memiliki bedcover atau sudah memiliki, tetapi ingin menambah stok, kami rekomendasikan memilih produk bedding dari Simply Bed. Produk bedding dari Simply Bed ini tersedia dalam dua macam varian warna yang mana keduanya terbuat dari 100% material katun berkualitas yang sangat lembut. 

Ingin tahu lebih jelas terkait produk bedding berkualitas dari Simply Bed? Cek langsung link berikut: Simply blanket

Share: