Kasur Latex: Definisi, Jenis, Kelebihan, Rekomendasi

laki laki dan perempuan di atas kasur latex Simply Bed

Salah satu jenis kasur yang sekarang cukup banyak dicari adalah kasur latex. Kasur jenis ini memiliki sensasi kenyal yang sangat khas. Kualitasnya sangat baik, membuat harga kasur latex punya harga yang lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Mau tahu apa yang membuat kasur latex istimewa? Simak ulasan dibawah ini.


Apa Itu Kasur Latex?

Kasur latex adalah kasur yang material pembuat utamanya berasal dari latex, material alami yang terbuat dari getah pohon karet yang telah diproses. Salah satu yang membuat kasur ini begitu disukai adalah tingkat elastisitasnya, karena bisa mengembang secara alami tanpa harus menggunakan pegas atau gulungan logam.


Ukuran Kasur Latex

Jika kamu belum tahu, kasur latex punya beberapa ukuran, yaitu sebagai berikut:

  • Kasur latex 180x200
  • Kasur latex 160x200
  • Kasur latex 120x200

Kelebihan Kasur Latex

Sebagai jenis kasur mahal, tentu kamu ingin tahu kan apa saja kelebihan kasur latex dibandingkan dengan jenis lainnya? Berikut ini beberapa kelebihan kasur dengan material latex:


  • Lebih tahan lama

Dibandingkan dengan jenis lainnya, kasur yang terbuat dari material latex cenderung lebih awet, bahkan bisa bertahan hingga belasan tahun. Tapi, ini bergantung dari jenis latexnya. Semakin tinggi kadar latex alaminya, maka kasur pun akan semakin awet.

  • Permukaan sejuk

Material latex punya tekstur berlubang. Hal ini membuat kasur latex punya sirkulasi udara dan "bernapas" dengan baik, menjaga permukaan kasur untuk tetap sejuk sehingga kamu tidak akan kegerahan saat tidur.

  • Anti bakteri dan tungau

Bakteri atau tungau tidak suka dengan getah karet, jadi kasur latex aman dari gangguan hewan dan mikroba. Kelebihan ini membuat kasur latex kerap direkomendasikan untuk penderita asma atau kulit sensitif.

  • Menopang tubuh dengan baik

Kasur dari material latex ini sangat elastis, sehingga akan membuatmu tidur nyenyak sepanjang malam tanpa khawatir akan nyeri tulang punggung atau sakit leher.


Perbedaan Kasur Latex dan Memory Foam

Salah satu pesaing kasur latex adalah kasur dengan memory foam. Kedua jenis kasur ini sama-sama memiliki kelebihan yang cukup sulit ditolak. Untuk memudahkanmu memilih antara latex atau memory foam, berikut perbedaan antara kedua jenis kasur tersebut:

 

Jenis Kasur

Kelebihan

Kekurangan

Kasur Latex

Tahan lama, menopang tubuh dengan baik, anti bakteri dan tungau, sejuk, sirkulasi udara lebih baik

Berat, lebih mahal

Kasur Memory Foam

Elastis, awet, bebas jamur, tidak mudah goyah, baik untuk kesehatan

Cukup keras, terasa panas, lebih murah

               

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Intinya, untuk memilih kasur mana yang baik, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan.


Pertanyaan Seputar Kasur Latex

Apakah Kasur Latex Bisa Dicuci?

Tidak, tetapi kamu bisa mencuci cover penutup kasur latex dengan deterjen lembut.


Cara Menghilangkan Bau Kasur Latex Baru

Setelah kamu membeli kasur latex baru, biasanya kasur latex tersebut akan mengeluarkan bau kasur baru. Kamu gak perlu khawatir karena hal itu mudah diatasi. Kamu bisa menghilangkan bau kasur latex baru dengan cara memberikan sirkulasi udara yang baik ke kasur tersebut. Kamu juga bisa menyemprotkan pewangi lembut ke atas kasur sebelum kamu memasang penutup di atasnya.

 

Cara Memilih Kasur Latex yang Tepat

Saat ini sudah banyak merek kasur yang menyediakan jenis latex. Supaya kamu tidak kebingungan, berikut panduan tentang cara memilih kasur latex yang tepat:

 

  • Pilih ukuran Kasur

 

Seperti jenis lainnya, kasur latex ditawarkan dalam beberapa jenis ukuran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan ukuran kamar dan kebutuhan anda. Ukuran yang tersedia cukup bervariasi, mulai dari single untuk dewasa atau anak-anak, hingga super king size untuk tiga orang dewasa.

 

  • Pilih tingkat kepadatan

Seperti tempat tidur pada umumnya, kasur latex punya kepadatan yang beragam. Jika kamu  membutuhkan kasur untuk menjaga kesehatan tulang punggung, kamu bisa memilih tingkat kepadatan firm.  Tapi kalau kamu ingin kasur dengan keempukan normal, pilih tingkat kepadatan medium.

 

  • Pilih ketebalan sesuai kebiasaan tidur

 

Apabila kamu terbiasa tidur telentang, maka kasur dengan ketebalan 20 cm adalah pilihan yang tepat. Untuk tidur menyamping disarankan menggunakan ketebalan 20-30 cm dan >30 cm untuk orang berbobot berat atau suka tidur tengkurap.


Harga Kasur Latex

Setelah tahu semua informasi di atas, mungkin kini kamu bertanya-tanya tentang range harga kasur latex. Perlu kamu ketahui, kasur latex di pasaran biasanya dibanderol dengan harga 3,5 jutaan ke atas, tergantung dari kualitas kasur tersebut. Kasur latex yang murah biasanya juga memiliki kualitas yang biasa saja, jadi kamu sebaiknya memilih kasur latex berkualitas terbaik dan anggaplah hal tersebut sebagai investasi untuk kesehatanmu.


Rekomendasi Kasur Latex Terbaik

Bagi anda yang saat ini sedang mencari kasur latex, kami sarankan memilih Simply Latex Fusion dari Simply Bed. Ini adalah salah satu kasur premium dari Simply Bed yang terbuat dari material latex berkualitas.

Lapisan atas Simply Latex Fusion terbuat dari natural latex, sedangkan bagian bawahnya menggunakan high density foam. Kedua lapisan tersebut mampu menopang tulang belakang dengan baik ketika tidur sehingga mampu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada tulang belakang ketika bangun. Tak hanya itu, Simply Latex Fusion juga menggunakan material Natural Belgium latex yang anti jamur dan debu.

Nah, sama dengan jenis kasur dari Simply Bed lainnya, Simply Latex Fusion juga hadir dengan box yang dilengkapi roda dan pegangan agar bisa dipindahkan dengan mudah. Untuk menjaga higienitas produk,

Bagaimana? Tertarik dengan Simply Latex Fusion? Dijamin dengan kasur premium dari Simply Bed ini tidur anda akan jauh lebih nyenyak dan juga nyaman.

Share: