7 Ukuran Kasur dan Cara Memilihnya, Cek Yuk!

laki laki, perempuan, dan sebuah laptop di atas kasur Simply Bed - ukuran kasur
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tahukah kamu ada tujuh jenis ukuran kasur? Apabila kamu berencana untuk membeli kasur baru, penting untuk mengetahui ukuran kasur yang mau dibeli. Salah memilih ukuran kasur bisa merepotkan karena selain membuat ruang untuk tidur di kasur terlalu kecil, ukuran yang salah juga bisa membuat kamar terlihat sempit.

Supaya kamu tidak salah memilih ukuran kasur, ulasan di bawah ini akan membantumu untuk tahu berbagai ukuran kasur: 

Mengenal Jenis Ukuran Kasur

Umumnya, ada empat jenis kasur yang beredar di pasaran. Namun, kali ini kita akan membahas ukuran kasur yang ada di Simply Bed:

1. Long Bed Size

Kasur satu ini memiliki ukuran yang berada di antara single dan double bed, yaitu 100x200cm. Ukuran kasur ini cukup lebar dan cukup untuk orang dewasa bergerak dengan leluasa.

2. Double Bed Size

Kasur yang kadang disebut super single size ini memiliki ukuran yang lebih besar, tetapi tidak jauh beda dari single bed. Di hotel mungkin kita akan mengenalnya dengan sebutan twin bed. Ukuran kasur ini 120x200cm dan kadang disebut “ukuran kasur nomor 3”. Kasur double bed cocok untuk mereka yang memiliki tubuh besar agar bisa leluasa dalam bergerak ketika tidur. 

3. Queen Size

Kasur dengan ukuran 160x200cm ini sering dipanggil dengan sebutan “kasur nomor 2”. Queen Size memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa digunakan untuk tidur dua orang dengan proporsi tubuh berukuran kecil. Ukuran Queen Size yang besar juga memungkinkannya dijadikan sebagai tempat tidur di kamar utama.

4. King Size

 Ukuran kasur King Size adalah 180x200cm dan sering disebut “kasur nomor 1”. Kasur ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki ruang kamar luas dan cocok digunakan untuk 2 orang dewasa dan 1 anak kecil.

5. Super King Size

Ini adalah ukuran kasur standar terbesar, yakni 200x200cm. Karena ukurannya yang cukup besar, kasur ini secara umum dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, seringkali kita akan menemui Super King Size yang dilengkapi kotak pegas sebagai penahan kasur. Hal ini dikarenakan bobot super king size sangat berat karena ukurannya yang sangat besar.

Bagian dan Istilah Kasur yang Perlu Diketahui

Selain mengetahui ukuran kasur, ada baiknya kamu juga memahami bagian-bagian atau istilah yang berhubungan dengan kasur seperti berikut: 

· Kasur

Ini adalah bagian inti yang akan digunakan sebagai alas tidur. Ada berbagai macam jenis kasur dengan bahan, ukuran, dan tingkat keempukan yang berbeda-beda yang beredar di pasaran.

· Spring Box atau Dipan

Ini adalah bagian kerangka yang digunakan sebagai penopang kasur. Biasanya bagian ini terbuat dari kayu atau besi dan dilengkapi dengan kaki sebagai penjaga jarak antara kasur dengan lantai. 

· Headboard

Bagian kasur ini letaknya dibagian atas kepala dengan bentuk yang bervariasi untuk mempercantik tempat tidur. Ada beragam material pembuat headboard, antara lain besi, kayu, dan busa. Fungsi utama dari headboard adalah sebagai penopang kepala atau punggung ketika bersandar.

· Bed frame

Ini adalah gabungan antara headboard dengan dipan kasur. Bed frame menjadi solusi bagi anda yang menginginkan dipan dan headboard tanpa harus membelinya terpisah.

Cara Mengetahui Ukuran Kasur yang Tepat

Mengetahui ukuran kasur saja tidak cukup. Supaya kamu tidak melakukan kesalahan saat membeli kasur, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan:

· Siapa yang memakai kasur

Pertama pastikan terlebih dulu untuk siapa kasur yang akan dibeli. Apakah digunakan untuk satu orang, dua orang, atau lebih. Ada beberapa pilihan ukuran kasur, mulai dari single bed, double size, queen size, king size hingga super king size yang bisa dijadikan opsi pilihan.

· Biaya dan luas ruangan

Selanjutnya pertimbangkan dana dan luas ruangan yang anda miliki. Ingat, semakin besar ukuran kasur, semakin mahal pula harganya. Perhitungkan ruang gerak sebesar minimal 1 meter sebagai tempat berjalan di sisi tempat tidur.  Selain itu, jangan lupa hitung ukuran kusen pintu kamar anda agar kasur bisa masuk ke kamar.

· Pertimbangan lain

Selain beberapa hal di atas, masih ada beberapa pertimbangan lain yang juga harus diperhatikan dalam menentukan ukuran kasur. Misalnya berapa tinggi kamu dan pasangan atau apakah kamu suka bergerak ketika tidur.

Rekomendasi Kasur Untuk Tidur Nyenyak

Memilih kasur memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar kamu mendapatkan kasur terbaik yang membuatmu bisa tidur dengan nyenyak. Untuk mempermudahmu menemukan kasur yang tepat, kamu bisa coba melihat produk-produk dari Simply Bed.

Simply Bed merupakan salah satu produsen kasur yang konsisten menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Kasur dari Simply Bed terbuat dari material pilihan yang dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama berbaring di atasnya. Selain itu, kasur dari Simply Bed juga didesain untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kualitas tidur, jadi memberikan manfaat kesehatan dalam jangka panjang.

Ada beberapa jenis kasur yang ditawarkan oleh Simply Bed dan masing-masing memiliki variasi ukuran kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk jenis kasur, kamu diberikan lima pilihan jenis kasur, yaitu  Simply Original, Simply Spring Bed , Simply Latex Fusion, Simply Mattres Topper (Memory Foam / Latex) dan Simply Travel Bed. Sementara untuk ukuran kasur tersedia mulai dari 100x200cm, 120x200cm, 160x200cm, 180x200cm, dan 200x200cm.

Yuk, cek kasur Simply Bed sekarang!

Share: