Tempat Tidur Minimalis: Kelebihan dan Rekomendasinya

gambar kasur simply bed - tempat tidur minimalis

Suasana kamar tempat tidur sangat berpengaruh terhadap mood seseorang. Suasana kamar yang tepat nyatanya juga bisa jadi mood booster. Apalagi jika didukung dengan furniture yang tepat. Saat ini, desain tempat tidur minimalis adalah salah satu yang cukup direkomendasikan. Nuansa kalem, elegan, tetapi tetap nampak modern ini ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya mampu meredakan stres. 

Nah, bagi kamu yang saat ini ingin mendesain kamar milikmu dengan gaya minimalis modern simak kelebihan tempat tidur minimalis di bawah ini! 

Desain yang Sederhana

Tempat tidur minimalis adalah sebuah tempat tidur yang jauh dari kata ramai, tetapi memiliki nuansa yang elegan, damai, dan tetap cantik. Oleh karena, itu hindari memilih tempat tidur dengan banyak ornamen atau hiasan. Pilih saja yang sederhana, terbuat dari bahan yang berkualitas, serta memiliki fungsi yang maksimal.

Penggunaan Bahan Berkualitas

Salah satu tujuan kita memilih tempat tidur minimalis adalah menciptakan nuansa damai yang jauh dari stres. Nah, nuansa ini bisa saja berkurang atau bahkan hilang ketika jika kita memilih furniture yang tidak tepat. Misalnya kasur yang alih-alih untuk melepas penat malah membuat punggung jadi sakit. Tentu hal ini cukup mengesalkan, bukan? 

Oleh karena itu, ketika memilih furniture atau apapun untuk kamar tidurmu, pilihlah bahan yang berkualitas. Hindari memilih bahan yang asal-asalan karena mempertimbangkan harga yang murah. Lantas, apa pilihan yang terbaik untuk tempat tidur minimalis? 

Bahan yang direkomendasikan untuk konsep tempat tidur minimalis adalah kayu. Namun, seperti yang kita tahu ada banyak jenis kayu. Nah, kayu apa yang terbaik untuk dipan? Melansir dari LivSpace (07/08/2021), ada lima jenis kayu terbaik yang diperuntukkan untuk dipan berkualitas, yani mahoni, kenari, oak, rosewood, dan jati. 

Setiap jenis kayu memiliki karakteristiknya masing-masing. Kayu mahoni yang memiliki warna coklat khas yang pekat; kenari memiliki warna coklat terang kekuningan, tetapi cukup sulit ditemukan; oak yang tahan cuaca dan memiliki banyak pilihan warna; rosewood dengan rona merah cerah bertekstur; dan terakhir jati yang sangat khas dengan warna coklat keemasan dan serat yang lurus. 

Setiap jenisnya memang memiliki karakteristik yang cukup unik, khususnya untuk pewarnaan, tetapi bisa dipastikan dipan yang berasal dari jenis kayu tersebut mampu bertahan hingga puluhan tahun. Namun, tentu saja harga yang dibanderol untuk lima jenis kayu di atas tergolong tinggi, tetapi tentu saja setara dengan kelebihan dari sisi tampilan serta keawetannya.

Warna yang Netral

Ciri khas dari tempat tidur minimalis modern yakni penggunaan palet warna yang cenderung dingin dan netral. Namun, tidak berarti kamu harus memilih warna monokrom atau hitam putih. Beberapa warna yang direkomendasikan antara lain krem, putih, dan abu-abu. Sedangkan yang perlu dihindari adalah warna terang seperti biru, hijau, atau merah.  

Memadukan warna untuk desain minimalis tentu saja dibolehkan. Namun, perpaduan terlalu banyak warna akan membuat pola ramai sehingga kesan minimalis terpinggirkan. Kenapa? Karena pola ramai menjauhkan nuansa kamar damai yang jadi ciri khas konsep minimalis.

Selain itu, desain minimalis juga kental dengan nuansa alami. Jadi, kamu bisa menggunakan warna alami seperti kayu pada bagian tempat tidur.

Fungsionalitas yang Maksimal

Bagi kamu yang memiliki ruang tempat tidur yang luas dan besar mungkin tidak terlalu mempertimbangkan hal ini. Namun, berbeda jika ukuran ruang kamar tidurmu sempit. Untuk bisa menciptakan ruangan yang tetap nampak luas, dibutuhkan furniture dengan fungsionalitas maksimal. Salah satunya adalah bagian tempat tidur. 

Saat ini desain tempat tidur minimalis sudah mulai bervariasi. Mulai dari desain dengan laci penyimpanan, desain susun, dan desain tempat tidur tingkat. Selain itu, ada pula tempat tidur dengan headboard dan storage yang multifungsi, serta desain tempat tidur yang dilengkapi dengan meja dorong.

Kombinasi dengan Furnitur Minimalis Lainnya

Jika kamu memiliki ruang tempat tidur yang luas dan masih banyak ruang kosong di dalamnya, kamu bisa memanfaatkan ruang kosong tersebut menjadi sudut fungsional. Misal, jika kamu suka membaca, cobalah letakkan kursi di bagian kosong tersebut. 

Selain kursi, beberapa jenis furniture yang bisa dikombinasikan dengan tempat tidur minimalismu, antara lain cermin ukuran besar, lemari pakaian sedang, lampu tidur, bedside table, serta meja kerja yang nyaman.  

Nah, dalam memilih furniture, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan tempat tidurmu yang minimalis. Pilihlah furniture yang simpel atau yang nggak ‘neko-neko’. Hindari furniture dengan banyak detail dan pastikan memilih yang nyaman serta memiliki fungsionalitas yang tinggi. Hindari juga memilih furniture hanya karena modelnya. 

Selain itu, hindari pula menaruh barang terlalu banyak dalam kamar tidur. Sebagian orang menginginkan desain tempat tidur minimalis, tetapi mereka melakukan kesalahan besar dengan menaruh banyak benda di dalamnya. Bahkan meskipun kamu memiliki ruang kamar yang luas dan besar, hal ini tidak dianjurkan.

Ingat, kamu tengah menciptakan konsep minimalis. Jadi, pastikan menaruh barang atau furniture yang dibutuhkan saja. Pilih yang fungsionalitasnya maksimal. Jika kamu memiliki banyak barang, baiknya tempatkan di ruangan yang berbeda. Ini adalah kunci minimalis.

Nah, dari ulasan di atas, apakah tertarik menggunakan tempat tidur minimalis? Keindahan dan kesan minimalis yang sangat kuat jelas mampu memperbaiki mood-mu setelah seharian merasakan penat. 

Jika kamu tertarik dengan tempat tidur minimalis, pilihlah bedding, kasur, serta bantal dan guling hanya di Simply. Sebagai salah satu produsen, Simply konsisten memberikan beragam pilihan bedding berkualitas yang tak hanya fokus pada tampilannya yang cantik, tetapi juga pada kesehatan penggunanya.

Share: