Kasur Busa: Definisi, Jenis, Kelebihan, Rekomendasi

kasur busa Simply Bed dengan bantal putih, kuning, oranye, dan abu-abu di dalam ruangan estetik

Perkara tidur bukanlah masalah sepele. Tidur bukan hanya berbaring dan memejamkan mata. Sekadar tidur hanya akan membuat kamu rugi karena kamu tidak akan bisa mendapatkan istirahat berkualitas yang kaya manfaat kesehatan. Saat berbicara tentang tidur berkualitas, bahan atau material kasur merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pemilihan yang tidak tepat sesuai kebutuhan dijamin akan membuatmu menyesal. Lantas, kasur jenis apa yang harus dipilih? Salah satu yang direkomendasikan adalah kasur busa.

Apa Itu Kasur Busa?

Kasur busa adalah kasur yang menggunakan busa atau foam sebagai material utama. Biasanya jenis kasur ini tersedia dalam berbagai variasi, tergantung dari jenis dan ketebalan busa. Kasur busa juga punya daya tahan tinggi karena bisa awet selama 10 hingga 15 tahun. Kekurangannya adalah kasur busa lemah terhadap air.

Kelebihan Kasur Busa

Apabila kamu berminat untuk memakai kasur busa, berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Mudah didapat

Kasur busa adalah salah satu janis kasur yang paling mudah didapatkan. Kasur busa sangat populer di Indonesia, karena harganya yang terjangkau. Selain itu kasur busa juga cocok digunakan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

  • Ringan

Sesuai namanya, kasur ini meenggunakan busa atau foam sebagai material utama. Hal ini membuat kasur busa lebih ringan dibanding jenis lainnya. Kelebihan ini membuat kasur busa lebih mudah untuk dibersihkan atau dijemur.

  • Tahan lama

Kasur busa memiliki daya tahan yang cukup lama. Jika dirawat dengan tepat, kasur ini bisa bertahan 10 hingga 15 tahun dan tidak mudah kempis, apalagi jika kamu memilih kasur dengan jenis high density foam.

  • Banyak pilihan

Sama dengan jenis kasur pada umumnya, kasur busa juga memiliki banyak pilihan motif, ukuran, ketebalan, kepadatan hingga masa garansi. Jadi kamu hanya tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Kasur Busa

Ada bermacam jenis kasur busa yang beredar di pasaran. Pastikan kamu tahu perbedaan dari setiap jenisnya supaya tidak salah beli.

  • Polyurethane

Ini adalah jenis kasur busa yang paling banyak ditemui. Sering disebut sebagai polyfoam, kasur jenis ini terbuat dari busa yang dikombinasikan dengan material bahan kimia yang membuatnya mampu mengikuti lekuk tubuh saat kamu berbaring. Sedikit tips, sebelum membeli kasur busa jenis ini, kamu harus mencobanya terlebih dulu karena polyfoam punya tingkat keempukan yang berbeda-beda.

  • Memory Foam

Jenis busa ini sering digunakan oleh brand premium. Salah satu kelebihan memory foam adalah daya tahannya yang lama, tingkat keempukannya yang tak akan berubah, serta  tidak akan mengempis meski sudah lama digunakan.

  • Gel Memory Foam

Busa jenis ini sekilas tampak sama dengan memory foam. Bedanya, gel memory foam punya kemampuan menyerap panas untuk membuat tubuh kamu tetap sejuk selama tidur. Selain itu, jenis busa ini juga cukup awet.

  • Reflex

Kasur busa jenis ini direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah tulang punggung. Jenis ini membantu menjaga kontur tulang punggung dan memperbaikinya. Biasanya kasur ini dijual dengan harga yang mahal dan digunakan untuk terapi ortopedik.

  • Latex rubber

Jenis ini memiliki daya tahan yang tinggi, dengan konsistensi keempukan yang sangat baik. Tak hanya itu, latex rubber ini juga memiliki tingkat kepadatan yang pas layaknya spring bed.

  •  Convoluted foam

Busa dengan kemapuan menyebarkan panas pada kasur dengan baik dan merata, sehingga punggung kamu tidak akan terasa gerah. Selain itu kasur busa jenis ini juga mampu mengurangi tekanan serta beban berat pada tulang punggung.

Tingkat Keempukan Kasur Busa

Selain terbagi dalam beberapa jenis, kasur busa juga memiliki tingkat keempukan yang bervariasi:

  1. Soft – Empuk dan mampu menopang tubuh dengan baik.
  2. Medium soft – Empuk dan seimbang. Artinya kamu tidak akan terlalu tenggelam ketika berbaring.
  3. Medium – Kasur dengan tingkat keempukan yang berada ditengah-tengah. Cocok untuk pasangan dengan preferensi tingkat keempukan kasur yang berbeda.
  4. Medium Firm – Empuk keras yang membuatmu sedikit terbenam ketika berbaring.
  5. Firm – Kasur yang tingkat keempukannya tidak mengikuti bentuk tubuh ketika digunakan dan menjadi rekomendasi untuk seseorang yang terbiasa tidur tengkurap atau telentang.
  6. Extra Firm – Kasur yang cukup keras sehingga anda hampir tidak terbenam sama sekali.

Perbedaan Kasur Busa dan Springbed

Apabila kamu bingung untuk memilih kasur busa atau springbed, berikut beberapa perbedaan kedua jenis kasur tersebut:

Jenis Kasur

Kelebihan

Kekurangan

Kasur Busa

Mampu memperbaiki postur tubuh, baik untuk kondisi perut ketika tidur, tidak terlalu tebal, harga murah, ringan

Cepat rusak khususnya ketika terkena air, bahannya panas, dan mudah mengempis.

Kasur Springbed

Tahan lama, elastisitas tinggi, kuat, empuk, nyaman serta memiliki permukaan yang lebih lembut ketika dicampur latex

Cukup berat, cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk balita, harga lebih mahal

 

Rekomendasi Kasur Busa dan Springbed Terbaik

Setelah mengetahui jenis dan kelebihan kasur busa, kamu kini akan lebih mudah untuk menentukan kasur pilihanmu. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan kasur busa atau springbed pilihanmu di Simply Bed. Untuk kasur busa kamu bisa memilih Simply Original dan untuk jenis springbed kamu bisa memilih Simply Spring. Seluruh kasur Simply Bed dibuat dari material terbaik dan memiliki kamu butuhkan.

Jadi, mau pilih yang mana? Apa pun itu, jangan lupa beli di Simply Bed supaya produk yang kamu beli kualitasnya gak kaleng-kaleng dan tentunya tahan lama!

Share: