Apa Itu Kasur Orthopedic dan Seperti Apa Manfaatnya?

kasur orthopedic - perempuan sedang tidur di atas kasur dengan posisi miring
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Apakah kamu merasa ada yang salah dari tidurmu? Mungkin kamu sering merasa pegal dan nyeri pada punggung atau leher setiap bangun tidur. Jika iya, besar kemungkinan masalah-masalah tersebut muncul karena pemilihan tempat tidur yang salah. Solusi untuk masalah ini cuma satu, yaitu dengan mengganti tempat tidurmu dengan kasur orthopedic.

Apa Itu Kasur Orthopedic?

Sesuai namanya, kasur orthopedic adalah kasur yang dirancang untuk menangani masalah tulang, khususnya pada bagian punggung. Kasur orthopedic adalah kasur yang meningkatkan kualitas tidur sekaligus memperbaiki postur tubuh supaya kamu terbebas dari masalah pegal dan nyeri.

Manfaat Kasur Orthopedic bagi Kesehatan

Tidur malam punya banyak peran sangat penting bagi kesehatan daripada yang kita tahu. Kasur orthopedic adalah salah satu cara yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan tidur malam nyenyak dan berkualitas. Berikut beberapa manfaat kasur orthopedic bagi kesehatan:

Membuat tubuh lebih rileks

Kasur orthopedic dirancang untuk meningkatkan relaksasi otot sehingga mampu mengurangi masalah otot tegang yang menjadi penyebab utama sakit punggung.

Mengurangi nyeri punggung

Kasur orthopedic sangat direkomendasikan untuk penderita sakit punggung karena mampu memberikan topangan yang baik untuk tulang belakang, sehingga mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit. Selain itu kasur ini juga cocok untuk seorang yang menderita penyakit fibromyalgia atau arthritis.

Memperbaiki kualitas tidur

Seorang mungkin mengalami kualitas tidur yang buruk karena penuaan, stress, atau kondisi medis lainnya. Namun, tahukah kamu jika salah satu yang mendasari buruknya kualitas tidur adalah pemilihan tempat tidur yang tidak tepat? Kasur orthopedic bisa menjadi solusi atas masalah tersebut karena membantu kamu tidur lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan segar.

Mengurangi alergi

Mayoritas kasur orthopedic dibuat dengan bahan hipoalergenik untuk mencegah terjadinya alergi saat memakainya. Jadi apabila kamu punya riwayat alergi atau asma, kasur ini adalah pilihan yang tepat.

Meredakan tekanan dan memperbaiki postur tubuh

Kasur ini juga dirancang untuk meningkatkan keselarasan dan kesejajaran tulang belakang ketika sedang tidur. Jadi, secara perlahan kasur ini akan memperbaiki postur tubuh. Selain itu kasur ini juga sangat ideal untuk seseorang dengan penyakit tulang kronis.


Baca Juga: 7 Ukuran Kasur dan Cara Memilihnya, Cek Yuk!

Cara Memilih Kasur Orthopedic yang Tepat

Saat ini banyak sekali merek kasur yang melabeli produk mereka sebagai kasur orthopedic. Tips berikut akan membantu kamu Agar tidak salah beli dan bisa mendapatkan kasur orthopedic yang sebenarnya:

Tidak terbuat dari gulungan pegas

Kebanyakan kasur orthopedic tidak terbuat dari gulungan pegas karena gulungan pegas seiring waktu akan kehilangan kelenturannya.

Terbuat dari material yang kokoh

Karena tujuan utama kasur ini sebagai penyokong tulang belakang, maka permukaan kasur haruslah lurus dan kokoh dan menggunakan busa padat atau firm sehingga bisa menopang tubuh dengan kokoh.

Permukaan yang halus

Meski memiliki spesifikasi busa padat dan keras, permukaan matras yang digunakan halus dan lembut. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan ketika tidur.

Bahan berkualitas

Kasur orthopedic terbuat dari bahan yang spesifik karena didesain khusus untuk kegunaan spesifik. Umumnya kasur orthopedic berisi padding yang terbuat dari latex, ada komponennya yang terbuat dari memory foam, serta punya komposisi material yang berlapis di permukaan kasur.

Harus mampu menopang tubuh

Kasur orthopedic harus mampu memberikan topangan maksimal di titik-titik yang dibutuhkan. Intinya kasur jenis ini harus bisa "mencetak" tubuh kamu dengan baik di permukaan kasur.

Busa kasur adaptif

Salah satu kenyamanan lainnya yang ditawarkan kasur orthopedic adalah busa kasur yang adaptif. Artinya, kasur akan terasa tidak gerah meskipun cuaca cukup panas sehingga membuat kamu betah untuk berlama-lama berbaring.

Memiliki sertifikat

Perlu juga diketahui jika selain kasur, adapula matras orthopedic. Jenis satu ini juga memiliki manfaat yang sama dengan kasur orthopedic. Jadi, kalau kamu ingin membeli kasur orthopedic, pastikan jika merek yang kamu pilih sudah memiliki sertifikat sebagai matras orthopedic.

Berbekal informasi di atas, kini kamu sudah tahu betapa pentingnya memilih kasur yang tepat untuk tubuh kamu. Jika kamu masih bingung yang mana kasur yang nyaman di punggung dan bisa menjaga postur tubuh kamu, kamu bisa memilih kasur-kasur dari Simply Bed.

Simply Bed menyediakan berbagai jenis kasur berbahan premium yang siap menawarkan peningkatan kualitas tidur dan kesehatan. Hebatnya lagi, kasur-kasur Simply Bed dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dan sudah mengadopsi fitur interchangeable cover, jadi lebih mudah untuk merawat dan membersihkannya.

Tunggu apa lagi? Cek produk-produk Simply Bed di toko resmi yang ada di marketplace atau langsung kunjungi laman resmi Simply Bed.

Share: