Macam Macam Kasur dan Kelebihannya

laki laki dan perempuan di atas kasur simplybed - macam macam kasur

Kamu tahu nggak kalau kasur itu sangat berpengaruh ke kehidupan kamu secara keseluruhan? Kenapa bisa begitu? Jadi, kesehatan fisik dan mental kita itu sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur kita. Kalau kualitas tidur kamu buruk, artinya kamu bakal lebih mudah capek, sakit, bahkan bisa gampang stres dan depresi. 

Itu dia alasan kenapa kamu harus memilih alas tidur yang tepat. Untuk membantumu menentukan kasur yang tepat, berikut kami berikan seluruh info yang kamu butuhkan untuk mengenal macam-macam kasur yang ada.

Macam - Macam Material Kasur

Kamu pasti pernah melihat iklan kasur, kan? Nah, dalam iklan itu biasanya akan dituliskan berbagai material yang dipakai oleh kasur tersebut. Supaya tidak salah pilih, ada baiknya kamu lebih dulu mengenal macam-macam material kasur untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Springbed

Jenis kasur ini adalah salah satu yang paling popular. Ciri umum dari kasur ini adalah pegas yang ada di dalamnya. Dari macam-macam kasur yang ada, Springbed adalah jenis yang paling umum dipakai dan memiliki banyak keunggulan seperti daya elastisitas yang tinggi, empuk, kuat, dan tentunya tahan lama.
Salah satu yang rekomendasi yang bisa kamu pilih adalah Simply Spring dari Simplybed. Simply Spring sudah menggunakan teknologi pocket spring dan material terbaik sehingga dijamin akan memperbaiki kualitas tidur kamu.

2. Latex

Jenis kasur ini terbuat dari material alami, yakni getah karet. Kasur dari bahan latex selain ramah lingkungan juga memiliki banyak kelebihan lain, seperti anti bakteri dan tungau, daya tahan tinggi, mampu menopang tubuh dengan baik, serta memiliki permukaan yang tidak panas.
Kalau kamu tertarik ingin memakai kasur berbahan latex, Simply Latex Fusion bisa jadi pilihan yang tepat. Jenis kasur yang terbuat dari HD Latex dan Belgium Latex berkualitas ini dijamin mampu membantu kamu tidur nyenyak karena risiko sakit atau nyeri tulang belakang menurun. 

3. Memory Foam

Dari macam-macam kasur yang ada, memory foam adalah jenis kasur busa yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Kelebihan utama dari memory foam adalah elastisitasnya yang tinggi, tidak mudah goyah, permukaan yang anti jamur, daya tahan yang lama, serta baik untuk kesehatan.
Kalau kamu mau mencoba sensasi memory foam, kamu bisa memakai Simply Topper Memory Foam dari Simplybed. Topper ini akan menambah satu lapisan di atas kasur supaya kamu semakin nyaman dan bisa tidur lebih nyenyak. 

4. Busa (Foam)

Kasur dengan material foam banyak dipakai karena biasanya lebih murah dibandingkan jenis kasur lainnya. Kasur busa memberikan topangan yang baik untuk kesehatan, punya daya tahan tinggi yang bisa bertahan 10 sampai 15 tahun, dan cukup ringan sehingga mudah dipindahkan.
Salah satu produk kasur busa yang direkomendasikan karena terbuat dari material berkualitas adalah Simply Original dari Simplybed.  

5. Kasur Angin

Kasur ini biasanya digunakan untuk bersantai karena mudah dibawa kemana-mana dan teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Sayangnya, jenis ini kurang direkomendasikan untuk keperluan tidur sehari-hari karena teksturnya yang kurang empuk. 

6. Kasur Kapuk

Jenis kasur ini adalah salah satu yang paling sering digunakan dari zaman dulu dan harganya cenderung murah. Namun, agar tetap empuk diharuskan untuk mengganti kapuk serta menjemurnya. Selain itu, jika tidak dirawat dengan baik, kasur ini akan mengeras dan seringkali menyebabkan sakit punggung. 

7. Kasur Hybrid

Kasur ini mengkombinasikan material pegas berulir dengan PU foam berkualitas. Biasanya pada bagian atas kasur dilapisi dengan material yang sejuk dan nyaman, seperti plain knitted fabric atau super soft foam. Sayangnya harga kasur hybrid cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lain cukup mahal. 

Cara Merawat Kasur yang Benar Sesuai Material

Setelah mengetahui macam-macam kasur, selanjutnya kamu tentu perlu tahu juga bagaimana cara merawat kasur yang baik sesuai dengan material penyusunnya bukan? Berikut ulasan singkatnya!

  • Springbed
    Springbed memiliki daya tahan yang lama dan awet. Meski begitu, jika tidak dirawat dengan baik tentu saja akan mudah rusak. Beberapa cara merawat kasur ini antara lain dengan memutar kasur secara berkala, tidak duduk di tepian kasur, tidak melompat di atas kasur, serta melapisi kasur
  • Latex
    Dari macam-macam kasur, merawat bahan latex terhitung cukup mudah karena bahan ini tahan air. Kamu cukup menebar detergen pada permukaan latex, kemudian bersihkan dengan menepuk-nepuknya. Setelah itu, bilas hingga bersih. Yang perlu kamu ingat, jangan membersihkan latex dengan bahan yang kasar karena latex mudah robek. 
  • Busa (Foam)
    Meskipun memiliki daya tahan yang cukup kuat, kasur busa yang tidak dirawat akan mudah kempis. Untuk menghindarinya ada beberapa cara, seperti memutar kasur secara berkala, rutin menyedot debu kasur, rutin menjemur kasur, dan hindarkan dari air.   
  • Memory Foam
    Jenis kasur ini memiliki cara perawatan yang mirip dengan kasur busa. Kamu harus rutin menyedot debu kasur, rutin menjemur, dan menghindarkannya dari air. 
  • Kasur Angin
    Kasur angin bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sayangnya, jika tidak hati-hati bisa kempis. Jadi, kamu perlu memerhatikan tempat meletakkan kasur, periksa kasur terlebih dulu sebelum digunakan, isi dengan kapasitas angin yang tepat, bersihkan secara berkala, dan gunakan sprei.  
  • Kasur Kapuk
    Dibandingkan macam-macam kasur lainnya, janis kapuk memang murah. Meski begitu, kamu harus tetap merawatnya dengan baik, misalnya dengan rutin menjemur dan mengganti isi kapuknya. 
  • Kasur Hybrid
    Jika kamu memiliki kasur jenis hybrid, kamu perlu membeli topper atau pelindung kasur agar daya tahan kasur terjaga dan mengurangi tekanan pada kasur. Agar lebih awet, kamu juga bisa memakai basis penopang yang kokoh. 

Dari ulasan macam-macam kasur di atas, kira-kira jenis apa yang kamu pilih? Apapun jenis kasur yang nanti kamu pilih, Simplybed solusinya. Setiap produk Simplybed didesain sebagai kasur premium berkualitas dengan harga terjangkau agar semua orang bisa menikmati tidur nyenyak dan berkualitas setiap malam. 

Share: